Sabtu, 08 Oktober 2016

Dasar-Dasar Penelitian

Pengertian Ilmu dan Proses Berpikir.
Ilmu lahir karena manusia diberkati Tuhan suatu sifat ingin tahu. Dengan keingintahuan manusia yang terus menerus,maka ilmu akan terus berkembang dan membantu kemampuan persepsi dan kemampuan berpikirsecara logis yang disebut penalaran.

Konsep antara ilmu dan berpikir adalah sama. Dalam memecahkan masalahnya dimulai dari adanya rasa sangsi dan kebutuhan akan suatu hal yang bersifat umum. Kemudian timbul suatu pertanyaan yang khas dan selanjutnya dipilih suatu pemecahan melalui penyelidikan.
Penelitian adalah suatu penyelidikan yang hati-hati, teratur dan terus menerus untuk memecahkan suatu masalah. Dengan demikian penelitian merupakan suatu metode untuk menemukan kebenaran.
Menurut Crawford (1928) penelitian mempunyai beberapa criteria, yaitu :
Crawford 1928
  1. Penelitian harus berkisar disekeliling masalah yang ingin dipecahkan
  2. Penelitian harus mengandung unsure-unsur originalitas
  3. Penelitian harus didasarkan pada pandangan ingin tahu
  4. Penelitian harus dilakukan dengan terbuka
  5. Penelitian harus berdasarkan pada asumsi bahwa fenomena mempunyai hokum dan pengaturan.
  6. Penelitian berkehendak untuk menemukan generalisasi atau dalil
  7. Penelitian merupakan studi tentang sebab akibat
  8. Penelitian harus menggunakan pengukuran yang kuat
  9. Penelitian harus menggunakan teknik yangsecara sadar diketahui.
Hubungan Ilmu Pengetahuan, Penelitian dan Kebenaran
Menurut Whitney (1960), penelitian dan ilmu merupakan proses dan hasilnya adalah kebenaran.
Whitney 1960
Kebenaran diperoleh melalui penelitian terhadap suatu fenomena adalah suatu kebenaran yang telah ditemukan melalui proses ilmiah dapat diterima dikarenakan tiga hal, yaitu :
  1. Adanya Koheren yaitu suatu pernyataan dianggap benar jika pernyataan tersebut koheren atau konsisten dengan pernyataan yang dianggap benar.
  2. Adanya koresponden yaitu suatu pernyataan dianggap benar, jika materi pengetahuan yang terkandung dalam pernyataan tersebut berhubungan atau mempunyai korespodensi dengan obyek yang dituju oleh pernyataan tersebut.
  3. Pragmatis yaitu pernyataan dipercayai benar karena pernyataan tersebut mempunyai sifat fungsional (berguna) dalam kehidupan sehari-hari.
Peranan penelitian


Penelitian memegang peranan penting dalam memberikan pondasi atau landasan terhadap tindakan dan keputusan dalam segala aspek pembangunan, tanpa melibatkan banyak sumber daya dan dana dalam bidang penelitian.
Jenis-jenis Penelitian
  1. Penelitian Dasar.
  2. Penelitian Terapan.

OKE SELESAI SUDAH ARTIKELNYA, SEMOGA DAPAT BERGUNA DAN BERMANFAAT UNTUK KITA SEMUA.
TERIMAKASIH!!!

BY


RULI HANDRIAN (HANDIRA)

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html