Jumat, 25 Maret 2016

Membuat Aplikasi Audio Berbasis Android Dengan APP INVENTOR

Hallo Guns, ini adalah postingan pertama saya. Pada postingan pertama ini saya akan membuat tutorial aplikasi pemutar audio berbasis android dengan APP Inventor. Sebelum ke tutorial saya akan menjelaskan apa itu APP Inventor dan Fungsinya apa?? APP Inventor adalah likasi web sumber terbuka yang awalnya dikembangkan oleh Google, dan saat ini dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT).
App Inventor memungkinkan pengguna baru untuk memprogram komputer untuk menciptakan aplikasi perangkat lunak bagisistem operasi Android. App Inventor menggunakan antarmuka grafis, serupa dengan antarmuka pengguna pada Scratchdan StarLogo TNG, yang memungkinkan pengguna untuk men-drag-and-drop objek visual untuk menciptakan aplikasi yang bisa dijalankan pada perangkat Android. Dalam menciptakan App Inventor, Google telah melakukan riset yang berhubungan dengan komputasi edukasional dan menyelesaikan lingkungan pengembangan online ,Jadi itulah sekilas tentang APP Inventor. Kemudian saya di beri tugas untuk membuat aplikasi pemutar audio dengan APP Inventor. Baik lah langsung saja kita menuju TKP.. Ehh salah maksudnya melihat tutorialnya.. hehehehe...


1. Pertama, kita buka dulu http://ai2.appinventor.mit.edu/ . App Inventor akan terredirect langsung ke        Akun Gmail anda-anda sekalian, kalau begitu langsung saja anda isikan password Gmail Anda              sekalian ya..



Masukan Password Gmail Anda sekalian

2. Kedua, Anda dapat melihat tampilan APP Inventor, Kemudian untuk memulai project anda klik             START NEW PROJECT.
    NOTE: Yang saya kasih lingkaran warna Hitam.

Klik Start New Project

3. Ketiga, Setelah anda mengklik START NEW PROJECT Akan Muncul Kotak dialog “Project Name”    isikan nama nya sesuai dengan yang anda inginkan. Contohnya Aplikasi Audio Dan lihatlah Halaman    App Inventor nya.

Isikan Nama yang Anda inginkan
Halaman APP Inventor
    
4. Keempat, Tools-tools apa saja yang kita butuhkan. Yang kita butuhkan hanyalah sebuah Tombol Button. Kemudian Drag tombol Button na ke layar Screen. Button bisa di ubah namanya menjadi tombol apa saja yang anda inginkan. Contohnya Play, Putar Dan sebagainya.

NOTE: Sebelum ke langkah selanjutnya ada baiknya kita memperhatikan sebuah kata kunci yang sangat penting.. Apa itu?? Ya tentunya untuk para progremmer pasti sudah tau kan apa itu Variabel?? Ya tepat sekali Variabel digunakan untuk mendeskripsikan setiap Field yang akan anda buat. Pada  Aplikasi ini juga menggunakan hal yang serupa. Cara gantinya sangat mudah tinggal klik Tombol Button nya. Kemudian di bawah ada tulisan RENAME, klik dan Ganti variabelnya. Contohnya btnPlay Seperti gambar di bawah ini.
Variabel

Klik Tombol Button dan Drag


5.Kelima, Sama seperti yang keempat ya guns, Cuma yang kelima tinggal upload file Audio yang anda inginkan. Tapi saya sarankan untuk mengupload audia yang di bawah 1 MB. Supaya tidak terlalu berat guns. Kemudian pada kotak COMPONENTS, Klik dan lihatlah kotak dialog PROPERTIES, dan pilih SOURCE, dan Pilihlah file Audio yang tadi anda Upload guns.
NOTE: Jangan Lupa di ganti juga ya guns Variabel audio nya guns. Caranya sama seperti langkah yang ke 4.







6. Keenam, Desainnya Layout nya terserah anda-anda sekalian ya.. Mau di ganti Backgroundnya seperti apa. Atau mau di beri warna apa silahkan lakukan. Karena desain itukan menurut diri kita masing-masing.



7. Ketujuh, setelah kita selesai mendesain, saatnya kita beralih ke Pengkodingan atau tepatnya menyusun logika-logika yang untuk memutar musik. Pada APP inventor ini kita tidak perlu membuat Koding. Semua koding terbungkus dalam bentuk-bentuk PUZZLE. Tinggal kita susun-susun sesuai apa yang kita inginkan dan aplikasi itu sendiri berjalan. Hehehe...


                        



8. Kedelapan, Klik lah tombol BLOCS. Untuk menuju halaman PUZZLE.

Dan inilah tampilan Halaman BLOCS nya.







9. Kesembilan, Cocokkan aja ya guns Puzzle-puzzle yang udah saya susun ini guns.

NOTE: Pada tulisan 1.MP3 itu di ganti dengan nama audio yg anda upload tadi guns. Tadi nama file audio
Mp3 saya 1(satu) jadinya di Puzzlenya saya buat 1.MP3, Ngerti kan guns.




10. Kesepuluh, Apabila sudah selesai silahkan lihat kembali di Designer dan inilah hasil Aplikasi audio versi saya sendiri guns.. 



11. Yang terakhir tinggal kita simpan ke .APK, hehe lalu kita coba ke Hp android kita masing-masing deh guns... Caranya Klik Menu Build lalu pilih (save .apk to my computer) . Lalu Aplikasi akan langsung terdownload dan file akan tersimpan dan formatnya . APK loh guns..



ALHAMDULILAH SELESAI !!! 
Dan aplikasi Audio versi Android dapat sama-sama kita buat guns!!!

Semoga postingan pertama ini bermanfaat, apabila ada kesalahan saya mohon maaf, karena kesempuernaan hanya milik ALLAH S.W.T, dan kelemahan hanya milik kita semua. Kalau ada yang ingin di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di blog ini. 

OKE SELESAI SUDAH TUTORIAL DAN APLIKASI SIAP DI GUNAKAN, SEMOGA DAPAT BERGUNA DAN BERMANFAAT UNTUK KITA SEMUA.
TERIMAKASIH!!!

BY

RULI HANDRIAN (HANDIRA)





0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html