Kamis, 02 Juni 2016

Karakteristik Sifat Manusia

Assamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... Malam semuanya, malam hari ini saya akan memposting artikel tentang 4 karakteristik sifat manusia di seluruh dunia ini. Semoga bermanfaat. 4 Karakter kepribadian itu ialah : "KORELIS" , "SANGUIN" , "PLEGMATIS" , Dan "MELANKOLIS". Keempat karakteris memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Tapi di balik sifat-sifat itu semua kita dapat mempelajari keunggulan di dalam diri kita dan tau akan kelemahan kita masing-masing.
Karena kesempurnaan, hanyalah milik Sang Pencipta "ALLAH S.W.T". Baikklah langsung saja kita ke sifat-sifatnya :


  • KORELIS

Korelis seringkali menentukan aturan permainan dan teman temannya pada setuju dan mengikutinya. Korelis juga berbicara dengan tegas dan tanpa tedeng aling-aling. Keinginannya kuat dan tak muda di rayu. Jumlah koleris berkisar 10% dari total populasi. Golongan ini merupakan tipe yang aktif dan berorientasi tugas. Mereka ada tipe pemberi semangat dan pelaksana yang bagus. Mereka sangat cekatan dan dapat diandalkan. Koleris tidak dapat diam. Selalu bergerak dan mencari aktivitas.

Jangan terlalu berharap mendapat banyak simpati dari orang koleris. Mereka tidak menunjukkan kehangatan dan empati secara terbuka. Mereka akan dengan mudah berkata pada orang, ”berhentilah berkeluh kesah, jangan cengeng dan kembali kerja.”
Koleris memiliki kecenderungan untuk menjadi seorang pemimpin yang dinamis. Mereka tidak pernah menyerah, jika pada awalnya ia belum berhasil, ia akan coba..coba..dan coba terus sampai keinginannya tercapai.

Koleris memiliki kemampuan alami untuk melakukan sesuatu dengan dramatis. Kemampuan ini membantu mereka melakukan hal yang keliatannya tidak masuk akal untuk dilakukan. Pikiran mereka terus berpacu dengan sangat cepat. Mereka harus menemukan sesuatu untuk dikerjakan, suatu tantangan yang bisa membuat adrenalin terpacu. Setelah semuanya tercapai mereka akan mencari hal lain lagi untuk di takhlukkan.  Koleris juga sangat menuntut dan cenderung keras kepala. Mereka jarang mau menerima suatu jawaban ”Tidak”. Suatu jawaban Tidak bagi mereka adalah adalah ”Tanya lagi”.  Jika anda memberikan jawaban Tidak kepada koleris, maka mereka akan mencari jalan lain untuk menghadapi anda, mereka tidak bermaksud melawan anda, akan tetapi memiliki begitu banyak dorongan alamiah dan keyakinan untuk terus maju dalam hidup ini.

Namun di balik itu, koleris cenderung harus berhati hati karena mereka akan mudah sekali terjerumus menjadi seorang yang sombong dan semena mena terhadap orang lain. Jika mereka menjadi seorang pemimpin, bisa terjerumus menjadi seorang pemimpin yang diktator. Koleris selalu memasukkan perubahan sebagai cara kerja mereka. Dalam benak koleris setiap orang harus bisa seperti dirinya dan harus bisa fleksible untuk menyesuaikan diri dengan setiap keadaan. Orang  koleris dapat dengan mudah berpindah dari satu keadaan ekstrem ke keadaan ekstrem lainnya tanpa mengalami kesulitan yang berarti.

Kebutuhan dasar seorang koleris adalah tantangan, pilihan, dan pengendalian. Suasana hati koleris juga cepat berubah. Seolah kejadian sebelumnya tidak pernah terjadi. Koleris memang mudah sekali meledak, namun ia juga mudah melupakannya dan memaafkannya. Koleris dapat bertindak kejam dan sarkastik. Mereka bisa menghancurkan orang lain hanya dengan kata kata yang mereka ucapkan. Jika koleris sadar bahwa kesalahannya akan sangat merugikan diri sendiri, mereka akan dengan cepat merubah pikirannya. Oleh sebab itu koleris tampak kurang  bijaksana. Keinginan mereka untuk menjadi nomor satu  adalah hal yang alami bagi mereka. Ini bukan berarti mereka adalah orang yang egois dan tidak konsisten akan tetapi lebih didorong oleh perasaan bahwa kalau mereka telah mendapat posisi yang baik mereka akan dapat membantu  orang lain dengan lebih baik.

Koleris kadang dapat sangat ”nakal”, mempunyai rencana tersembunyi, mereka tahu apa yang mereka akan lakukan tetapi mereka tidak ingin anda mengetahuinya. Mereka sangat hebat dalam melakukan manipulasi dari belakang layar. Jika seorang koleris mengadakan suatu pertemuan penting, sebelumnya ia telah melakukan pertemuan pendahuluan sehingga ia akan tahu bagaimana nanti jalannya pertemuan penting itu.

Koleris dapat sangat mandiri dengan mengandalkan kemampuan alaminya. Mereka dapat mengatasi setiap persoalan tanpa perlu bantuan orang lain. Koleris tidak suka kalau mereka salah, walaupun sebenarnya koleris akan sangat produkstif bila mereka mau menerima input dari pihak lain.

Koleris memiliki kecenderungan untuk sangat ”dingin” dan ”tidak berperasaan”. Mereka jarang menangis atau jarang menunjukkan perhatian/ kasih sayang mereka adalah dengan membeli atau menghasilkan ”sesuatu” bagi orang yang mereka sayangi. Koleris membutuhkan suatu lingkungan dimana ada konflik, tantangan, pilihan, dan pengendalian. Mereka akan tampil sebagai pemecah masalah dan bekerja optimal dengan kondisi seperti ini, walaupun hal tersebut adalah pemecahan sementara yang bisa berubah ubah.

  • SANGUIN

Tampak periang dan mudah bergaul dengan orang yang baru dikenal. Selain itu ia suka mengoceh, punya rasa humor yang tinggi dan selalu antusias penuh energi. Proporsi Sanguin berkisar 25-30% dari total populasi, merupakan orang yang aktif dan berorientasi orang. Artinya mereka senang sekali berhubungan dengan orang lain. Berbicara dengan orang lain, bagi sanguin adalah bekerja. Sanguin penuh inspirasi. Anda akan merasa sangat senang saat anda bersama mereka. Bagi mereka hidup adalah suatu pengalaman yang sangat menyenangkan. Mereka tampak selalu gembira dan senyum. Dunia menjadi lebih bersemangat dengan kehadiran sanguin.

Sanguin mempunyai kemampuan alami mempengaruhi orang lain dengan cara mereka yang menyenangkan. Mereka cenderung optimis. Dan mereka adalah pembicara yang hebat dan dapat membuat anda percaya hampir pada semua hal yang mereka ucapkan. Mereka adalah orang sangat sesuai bagi ujung tombak perusahaan. Mereka membuat sesuatu terjadi. Mereka adalah stimulatornya. Mereka akan sangat senang bila sesuatu terjadi. Sanguin juga sangat ekspresif. Mereka bisa tertawa sangat keras tanpa mempedulikan sekitarnya. Mereka merupakan matahari yang menerangi setiap pertemuan. Begitu mereka masuk ke dalam ruangan, suasana ruangan akan semakin ceria.  Sanguin adalah kepribadian yang menarik. Mereka mengenal banyak orang dan mereka biasanya mengenal banyak orang penting. Orang adalah hidup mereka. Namun sanguin juga mudah dipengaruhi . mereka sangat out-going dan mereka juga adalah pengikut. Mereka memiliki dorongan yang sangat besar agar semua orang menyukai mereka sehingga mereka akan mau melakukan apa saja untuk menyenangkan orang lain.

Sanguin senang dianggap penting, dan ia juga seorang pemimpi dan pencetus ide. Namun, jangan berharap ia datang mengawasi pada waktu perencanaan dan pelaksanaan ide tersebut. Sanguin senang di puji. Mereka menganggap pujian adalah persetujuan untuk bertindak lebih. Sanguin sangat mudah menyesuaikan diri sehingga tampak seperti bunglon. Mereka sama sekali tidak punya masalah dengan inkonsistensi. Sering kali mereka mengabaikan akibat yang timbul dari inkonsistensi tersebut. Hal ini bisa membuat mereka hidup layaknya sebuah roler coaster yang ngebut naik turun tanpa kendali.  Sanguin sangat tertarik atau suka pada orang orang. Mereka sangat peduli terhadap apa yang orang lain pikirkan mengenai diri mereka. Mereka mengevaluasi semua proyek berdasarkan tingkat interest yang ditunjukkan oleh orang lain terhadap proyek tersebut. Mereka senang bepergian bersama sama. Orang sanguin sangat tertarik pada apa yang dilakukan orang lain sehingga ia akan lalai terhadap tugasnya sendiri. 

Ingatlah bahwa sanguin tidak tertarik menyelesaikan suatu tugas, mereka lebih tertarik pada bagaimana setiap orang yang terlibat dalam tugas itu saling berhubungan. Orang sanguin memandang hubungan orang sebagai suatu hal yang sangat penting. Sanguin suka bicara apa adanya dan langsung. Lidah mereka lebih sering cepat daripada otak mereka. Mereka juga mengalami kesulitan jika diminta mengarang. Orang sanguin memimpikan sesuatu, membicarakan impian mereka dan tidak pernah melaksanakan kerja untuk mencapai mimpi tersebut.  Sanguin juga sering mengajukan sukarelawan dengan sangat mudah. Sanguin sering kehilanagan barang barangnya. Kunci kendaraan, kacamata, jam tangan, buku dan berbagai barang lainnya seolah mempunyai tempat di mana saja. 

Kebutuhan dasar sanguin adalah pengakuan dan penghargaan. Seorang sanguin takut kehilangan kawan atau kehilangan popularitas. Akibatnya ia rawan terhadap godaan atau cobaan. Mereka akan melakukan hal yang mungkin bertentangan dengan nilai yang ia pegang demi tidak kehilangan kawan atau popularitas. Oleh karena itu sanguin dengan sangat mudah mampu bercakap dengan siapa saja dan melambaikan tangannya kepada siapa saja. Sanguin tidak memiliki beban, ia rileks dan santai, ia kadang kurang stabil hal ini disebabkan ia memiliki energi yang besar. Walaupun adalah hal yang baik untuk bisa semangat dalam hidup. Tetapi apabila orang terlalu menganggap mudah hidup maka ini kurang baik. 

Sanguin hangat dan menyenangkan, jika ada yang kesulitan maka sanguinlah yang pertama kali menghibur anda. Ia punya cara untuk melihat sisi positif dari kehidupan, meski demikian sanguin juga dapat berubah ubah emosinya. Sanguin dapat lemah jika dipaksa melakukan sesuatu yang tidak ia ingin lakukan. Sanguin juga terlihat sering tidak stabil dan tidak disiplin hal ini disebabkan karena sikapnya yang terlalu ekspresif dan easy going. Sanguin sangat sulit fokus. Ia sulit bertahan dalam suatu proyek dan menyelesaikan proyek tsb. Apapun karir yang ia pilih selalu merasa tidak pernah puas, ia terlalu menikmati perubahan. Sanguin cenderung berbicara keras dan ribut. Ia mengalami kesulitan mendengarkan tetapi tidak mengalami kesulitan untuk berbicara.. Ia sangat sering bertindak tidak konsisten. Ini disebabkan matanya lebih besar daripada perutnya.  Jangan pernah menceritakan suatu rahasia kepada sanguin, ia suka sekali mendengarkan rahasia tetapi ia tidak bisa menyimpan rahasia tersebut. Ia selalu berkata kepada orang lain, ”jangan bilang ma yang lain yah...ini rahasia kita berdua.” dan tak sampai semalam, ”rahasia kita berdua” ini telah tersiar pada seisi kota. Sanguin memiliki egosentris yang tinggi, setiap kali merancang suatu rencana ia akan memikirkan dari sudut pandang dirinya saja. Ia berprinsip bahwa kalau ia menyukai rencana itu maka orang lain pasti akan suka juga.

  • FLEGMATIS
Mudah diatur, dan sangat manis, namun jika bersikeras terhadap sesuatu ia bisa juga sekeras gunung batu. Flegmatis berkisar 30-35% dari populasi. Flegmatis adalah orang yang tertutup dan berorientasi pada orang. Ia adalah pecinta damai. Ia tampak mantap dan stabil. Ia senang mengerjakan satu hal pada suatu waktu tertentu. Bukan mengerjakan banyak hal dalam waktu yang bersamaan. Ia senang dan ahli mengerjakan sesuatu yang monoton atau tetap dan tanpa banyak variasi, yang bagi sanguin dan korelis adalah hal yang sangat membosankan.  Flegmatis adalah orang yang ingin menyenangkan orang lain, ia benci konflik, dan ia sangat menginginkan keamanan dan sangat baik menyimpan rahasia. 

    Flegmatis adalah pendukung dan suka melayani, ia adalah orang yang setuju dengan orang lain. Ia mencari cara untuk bekerja sama dan membantu. Ia ingin merasa di cintai dan didukung. Flegmatis adalah orang yang Manis, ia sangat istimewa, ia tidak mendesak dan tidak berlagak memerintah. Flegmatis tidak akan berusaha melakukan sesuatu agar anda menyukai mereka. Mereka ya begitulah adanya, memang mereka orang yang sangat menyenangkan.  Karena mereka sangat baik dan selalu ingin menyenangkan orang lain, akibatnya flegmatis susah berkata, ”Tidak”. Mereka suka menyenangkan orang lain, mereka mencoba melakukan apa yang anda inginkan. Flegmatis bersifat pemalu, mereka tidak suka menonjolkan diri, namun tetap akan senang di puji dan dihargai. Mereka suka keramaian dan kesenangan sejauh semua itu tidak berpusat pada diri mereka. Flegmatis sopan dan punya aturan yang  baik dalam pergaulan. 

Flegmatis suka hal yang sama dan statis. Hal ini disebabkan mereka senang dengan keadaan di mana mereka bisa mendapatkan stabilitas. Mereka tidak suka kejutan. Mereka suka makan di tempat yang sama, pesan makanan yang sama, mengunjungi tempat liburan yang sama, mengambil jalan yang sama dan hal sama lainnya. Flegmatis sentimental, mereka tahu apa yang mereka suka, mereka punya film, kenangan dan mood yang menjadi favorit mereka. Saat muncul momen khusus, mereka akan mengulang kembali memori kenangan mereka. Mereka akan mengunjungi masa lalu mereka. Mereka tidak suka bila tempat tinggal masa kecil mereka berubah. Mereka menyimpan buku buku lama, tanda kenangan, surat cinta, dan tanda kenangan lainnya.

Flegmatis juga sering tampak tidak punya pendirian, mereka sering mudah ”dibujuk” melakukan hal yang sebenarnya tidak mau mereka lakukan, membeli barang yang tidak ingin mereka beli dan sebagainya. Ini semua karena mereka ingin menyenangkan orang lain. Kebutuhan mendasar seorang flegmatis adalah penghargaan. Mereka perlu merasa di butuhkan dan dihargai upayanya. Walaupun mereka tampak dia dan tak butuh apa pun, namun jauh dalam hatinya ia menginginkan persetujuan dan penghargaan tulus dari orang lain. Kekuatan flegmatis adalah mudah di ajak bergaul, mereka enggan memulai, namun jika kita yang memulai mereka akan menanggapinya dengan hangat dan baik. Mereka suka menjalani hidup yang tenang dan dalam kecepatan yang tetap.
Flegmatis dapat di andalkan. Mereka suka rutinitas karena hal ini membuat mereka nyaman. Mereka tidak suka kejutan. Mereka melakukan sesuatu dengan metode yang baku, dan teruji tanpa banyak variasi. Setelah mereka mengerjakan suatu tugas beberapa kali di ulang cara kerja itu segera menjadi cara kerja standar mereka dan cenderung tidak mau merubahnya. 

Flegmatis bersifat tertutup dan dapat menjadi pemimpin yang hebat. Mereka memimpin sebagai pelatih dan bukan sebagai diktator. Jika mereka memimpin suatu perusahaan mereka lebih suka menunjukkan cara kerja daripada sekedar memberitahu cara kerja kepada pegawainya. Flegmatis sangat senang membantu orang yang sedang dalam kesulitan. Tapi mereka harus hati hati terhadap orang yang memanfaatkan atas kecenderunan hal ini. Walaupun mereka tahu sedang diperalat orang lain mereka tidak marah karena mereka yakin bahwa suatu saat semua akan berubah dengan manis baginya. Flegmatis teratur dan efisien, lebih suka mengetahui bila keadaan berjalan mulus, disamping itu mereka sangat praktis, mereka mencari solusi yang paling sederhan dari setiap masalah yang dihadapi.
Konservatif, suka berpegang pada hal hal yang mereka tahu akan berhasil. Pakaian, perilaku, agama, politik, investasi usaha dan lainnya dilakukan dengan dasar konservatif/ sangat berhati hati.
Tipe diplomat, mereka dapat melihat dari sudut pandang orang lain. Mereka juga sangat sabar dan juga dapat sangat humoris.
Flegmatis paling nyaman bila beroperasi sebagai individu yang pemalu, lembut, stabil, mantap, manis, sentimental, dan menerima.
Flegmatis lebih senang menunggu perintah untuk mengerjakan sesuatu, ini bukan artinya malas akan tetapi mereka lebih suka untuk tidak mengerjakan sesuatu apapun daripada mengerjakan sesuatu ternyata salah.
Suatu saat flegmatis agak egois dan mementingkan diri sendiri, ini bukan karena egois akan tetapi mereka hanya mencoba untuk melindungi kepentingan dan stabilitas mereka sendiri. Mereka memahami jika mereka tidak menjaga diri sendiri tidak akan ada orang lain yang mau melakukan itu untuk mereka. 

  • MELANKOLIS



Selalu detail dan tak mudah terpuaskan, jumlah melankolis berkisar 20-25% dari populasi, melankolis adalah orang yang tertutup dan berorientasi tugas. Mereka adalah individu yang yang cakap dan kompeten. Mereka tahu bahwa mereka tahu apa yang mereka tahu. Mereka suka meneliti fakta fakta dan mengikutinya dengan sangat hati hati. Mereka melakukan perencanaan dan mengikuti rencana itu. Mottonya adalah Rencanakan kerja dengan teliti dan kerjakan rencana itu.”
Melankolis sangat hati hati dan cenderung suka curiga. Mereka tidak suka membuat kesalahan. Melankolis suka menghitung, mereka menghitung untung rugi dengann ketelitian yang sangat tinggi.
Melankolis mempunyai pemikiran yang kritis, mereka dapat menganalisa suatu keadaan jauh lebih baik daripada tipe kepribadian lainnya. Mereka memiliki kemampuan luar biasa yang mampu ”melihat di balik layar” dan mengerti apa yang sesungguhnya sedang terjadi.
Melankolis menuntut ”ikut aturan”. Mereka mengikuti instruksi dengan seksama dan tidak mengerti mengapa orang lain tidak bisa melakukan hal yang sama dan hanya melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan. Melankolis tidak mendesak dan tidak perlu menjadi seorang pemimpin dalam kelompok. Tidak ada masalah bagi mereka untuk sekedar menjadi pengikut asalkan mereka bisa senang dan tenang. Mereka senang berada di sekitar orang periang dan terbuka. Mereka tidak keberatan jika mereka tidak dapat pujian atas apa yang sudah mereka lakukan, tetapi jangan coba untuk melemparkan kesalahan pada mereka. Mereka akan membuat anda terkesima diam seribu bahasa mendengar bantahannya yang benar benar detail alias sempurna. Melankolis menyukai hal detail, mereka suka fakta, angka-angka, grafik. Semakin lengkap dan detail informasi yang anda berikan mereka semakin suka. Mereka banyak bertanya bukan untuk menyelidiki anda tetapi lebih sebab dorongan untuk bisa mendapat banyak data. 

Melankolis suka menjadi benar bukan karena mereka merasa lebih baik daripada orang lain, mereka hanya ingin menjadi benar. Bagi mereka, setiap pekerjaan yang layak dilakukan, layak dilakukan dengan sebaik baiknya. Mereka merasa pekerjaan mencerminkan siapa diri orang yang mengerjakannya, oleh sebab itu hasil kerjanya harus benar dan baik. Melankolis juga cenderung menjadi konformis (suka mengikuti apa yang dilakukan orang kebanyakan), khususnya bila cara atau metode yang ingin digunakan telah terbukti berhasil baik, mereka cenderung tidak mau melakukan cara lain. Tetapi bila mereka merasa bahwa mereka dapat memperbaiki suatu keadaan, mereka akan melakukan apa saja untuk memperbaiki keadaan itu. Mereka memiliki rasa tanggung jawab yang terkadang melebihi batas dan bisa menyebabkan mereka di anggap sebagai orang yang senang ikut campur tangan. Melankolis sangat meyakinkan dan menyukai ketepatan. Jika mereka yakin bahwa mereka benar, tidak ada satupun yang dapat merubah pikirannya. Jika anda berpikir untuk membujuknya sehingga merubah pikirannya anda harus siap berperang dengan data dan fakta. Melankolis sangat konsisten dan hampir tidak pernah salah dalam menyampaikan detail suatu cerita. Kebutuhan orang melankolis adalah jawaban yang bermutu dan logis. Misalnya jika melankolis bertanya, ”kapan kita berangkat?” dia tidak ingin mendapat jawaban ”nanti”. Dia lebih suka mendapat jawaban ”kita akan berangkat jam 15.00. kamu harus segera berkemas dan bersiap tepat jam 14.30, bawa makanan dan minuman. Tas ransel tidak perlu di bawa, mungkin lebih baik kamu bawa koper dan buku sehingga nanti kamu tidak bosan saat menunggu.” 

Kekuatan melankolis adalah mereka sangat cerdas, mereka selalu berpikir untuk mencari ide yang lebih baik. Mereka sering tumbuh dengan mengembangkan gagasan yang telah ada dan membuat gagasan tersebut menjadi lebih baik. Mereka memiliki insting dan bakat sebagai penemu. Melankolis cenderung sensitif, mereka jarang salah, mereka selalu melakukan pemeriksaan untuk memastikan bahwa mereka benar. Mereka sadar bahwa mereka tidak sempurna tetapi mereka benci kalau harus mengakui kesalahan ini. Mereka akan tersinggung bila ada orang yang langsung menunjukkan kesalahannya. Melankolis menyukai kerapihan, dan sangat kuat memegang prinsip atau keyakinan. Mereka bekerja tidak mengenal lelah untuk menghasilkan suatu pekerjaan yang baik dan maksimal walaupun itu berarti mereka harus bekerja keras dan makan waktu lama. Mereka lebih mementingkan tugas yang harus mereka kerjakan daripada diri mereka sendiri. Melankolis sering kurang memiliki fleksibilitas  untuk membangun suatu relasi yang hangat. Dengan kata lain cara mereka adalah cara yang terbaik, dan sering melupakan satu satunya cara yang bisa di ambil, ingat menurut mereka. Melankolis sering berada dalam keadaan murung dan kondisi mood yang kurang baik. Mereka lebih sering bereaksi terhadapat lingkungan mereka dan meresponnya dengan bijaksana. Jika menemui tantangan/ hambatan/ cobaan cenderung merespon dengan negatif. Mereka tidak bisa memberikan respon yang yang baik bila mereka di katakan telah membuat suatu kesalahan. Kelemahan lainnya adalah sifat mereka yang kaku. Mereka sering tidak percaya bahwa sesuatu yang di sampaikan itu berguna dan perlu. Hal ini dikarenakan mereka juga paling sulit mengerti mengapa orang lain tidak bisa melihat hal seperti cara mereka. Mereka cenderung berpikir negatif terlebih dahulu yang mengakibatkan mereka tidak bisa melihat gambaran secara keseluruhan.  Melankolis cenderung tidak suka bersosialisasi karena cenderung kepada orientasi tugas dan menganggap kumpul kumpul adalah sesuatu hal yang tidak ada gunanya. Melankolis juga sangat pendendam, jika mereka ingin membalas perbuatan anda, mereka bisa sangat sangat sabar menunggu waktu yang tepat untuk melakukan pembalasan yang setimpal. Tidak mudah bagi melankolis untuk memaafkan seseorang.


OKE SELESAI  ARTIKELNYA, SEMOGA DAPAT BERGUNA DAN BERMANFAAT UNTUK KITA SEMUA.
TERIMAKASIH!!!


BY


RULI HANDRIAN (HANDIRA)














'

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html